Tips Berkemah di Embung Sriten Nglipar Gunungkidul, Pasti Seru!

Tips untuk kemah di Embung Sriten Nglipar Gunungkidul berikut ini bisa Anda terapkan saat ingin berkemah di sana bersama keluarga. Kemah memang bisa menjadi salah satu aktivitas seru yang bisa dijalankan sewaktu liburan. Sebab berkemah memang menyenangkan apalagi tempatnya juga menawarkan pemandangan yang bagus.

Embung Sriten yang terletak di Kabupaten Gunungkidul pun bisa menjadi salah satu spot berkemah. Tempat wisata ini tepatnya berada di Perbukitan Baturagung Utara, Padukuhan Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul. Embung ini menawarkan pemandangan yang sangat menarik, apalagi letaknya berada di ketinggian.

Embung Sriten Nglipar Gunungkidul
unsplash.com

Tips Berkemah di Embung Sriten Nglipar Gunungkidul

Sriten merupakan embung buatan yang tertinggi di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Karena itu pun selama berada di sini, selain menikmati pemandangan embung yang luas Anda pun bisa menyaksikan pemandangan sekitar dari ketinggalan. Saat cuaca cerah dan tidak berkabut pun pastinya Anda bisa menikmati pemandangan dengan lebih jelas.

Kawasan wisata ini juga menyediakan camping ground yang bisa Anda gunakan untuk berkemah bersama keluarga. Berkemah di sini tentunya sangat menyenangkan. Sebab Anda bisa menikmati pemandangannya mulai dari pagi hingga malam hari. Anda pun bisa menyaksikan cantiknya sunset dan juga sunrise pada pagi hari.

Nah, jika Anda tertarik untuk berkemah di Embung Sriten Nglipar Gunungkidul ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Tentukan Waktu yang Tepat

Pertama, tentunya Anda harus menentukan waktu berkemah yang tepat. Anda pun bisa berkemah saat musim kemarau karena tentunya minim risiko hujan. Saat asik berkemah tentu tidak menyenangkan jika tiba-tiba diguyur hujan bukan? Selain itu pun Anda juga harus mengecek ramalan cuaca di daerah sekitar embung.

Bawa Perlengkapan Lengkap

Selanjutnya Anda bisa membawa perlengkapan kemah lengkap. Mulai dari tenda, bahan masakan, alat memasak, baju ganti, tikar, selimut, hingga obat-obatan. Hal tersebut tentunya untuk menunjang kenyamanan saat tidur di malam hari.

Namun, jika Anda malas membawa perlengkapan memasak pun tak masalah. Sebab di sekitar Embung Batara Sriten juga tersedia fasilitas warung makanan yang menyediakan berbagai menu. Dengan ini pun Anda tidak perlu repot memasak sendiri.

Datang Lebih Awal

Ketika hendak berkemah Anda juga bisa datang lebih awal, misal pagi atau siang hari. Hal tersebut bertujuan agar setelah sampai Anda bisa beristirahat terlebih dahulu. Kemudian setelah itu pun Anda dan keluarga bisa mendirikan tenda.

Setelah itu pun tentu Anda masih memiliki sisa waktu luang di sore hari untuk bersantai. Dengan begitu maka Anda bisa menikmati keindahan matahari tenggelam. Kemudian pada pagi harinya Anda pun bisa bangun lebih pagi untuk menikmati indahnya sunrise.

Itulah sedikit tips berkemah di Embung Sriten Nglipar Gunungkidul yang bisa Anda terapkan. Dengan begini tentunya kegiatan kemah menjadi lebih seru dan menyenangkan.