Puncak Batara Sriten Tempat Healing Paling Seru di Gunungkidul

Puncak Batara Sriten yang sangat mempesona dengan pemandangan berupa bentangan alam yang luas. Selain itu tempat ini juga terkenal dengan embung buatannya yang sangat menawan. Batara Sriten merupakan puncak tertinggi di Gunungkidul yang selalu membuat penasaran pengunjung akan keindahannya.

puncak batara sriten
instagram@rindumiu

Daya Tarik Puncak Batara Sriten

Puncak Sriten atau lebih sering dikenal dengan Embung Sriten ini memiliki daya tarik tersendiri. Terkenal dengan embung buatannya yang indah dan juga pesona alamnya yang menakjubkan membuat hati tenang. Wisata ini juga sering dijuluki negeri di atas awan milik Gunungkidul karena setiap pagi dan sore di embung ini terdapat kabut awan yang menutupi daerah sekitar. Hembusan sejuknya angin dengan hijaunya bukit-bukit membuat suasana tambah syahdu.

Selain panorama alamnya, di sekitar embung ini juga ada beberapa perkebunan buah seperti kelengkeng, manggis, durian, dan sirsak. Masyarakat menanam tanaman tersebut dengan memanfaatkan air yang ada di embung tersebut.

Jika menelusuri Embung Sriten ini, kamu juga akan menemukan puncak Batara Sriten tertinggi yaitu bukit Mangir. Di puncak bukit Mangir ini kamu akan semakin merasakan hembusan angin yang semakin kencang dan tentunya membuat rileks. Kabut-kabut kecil yang menutupi daerah sekitar juga sangat memanjakan mata. Namun karena posisinya yang cukup curam kamu juga perlu berhati-hati untuk keamanan.

Kegiatan Wisata yang bisa dilakukan

Ketika berwisata di Puncak Batara Sriten ini kamu bisa menikmati sunrise jika datang pada pagi hari. Kamu bisa menyaksikan mentari pagi yang mulai muncul dengan perlahan menampakkan cahayanya yang tentunya sangat menawan. Selain itu, panorama senja yang tak kalah apik yang memberikan kesan tersendiri.

Di wisata ini juga menyediakan tempat untuk camping buat kamu yang ini bermalam bersama sahabat di tempat tersebut. Biasanya pengunjung yang bermalam karena ingin menyapa kedatangan  sang mentari pada pagi hari.

Kamu juga bisa memanfaatkan pemandangan dengan berfoto untuk membuat kenangan. Banyak spot-spot keren untuk dijadikan tempat berfoto bersama. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas olahraga aerosport seperti bersepeda, paramotor, gantole, dan paralayang.

Puncak Embung Batara Sriten juga memiliki beberapa fasilitas umum, seperti gazebo, kamar mandi, dan mushola.

Lokasi Wisata dan Harga Tiket Masuknya

Wisata ini berlokasi di dusun Sriten, Pilangrejo, kecamatan Nglipar, Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak yang ditempuh lumayan jauh dari kecamatan Wonosari. Nanti kamu akan bertemu pertigaan Nglipar lalu belok kiri dan ikuti jalannya terus, untuk lebih efektif kamu bisa menggunakan Google Maps.

Untuk harga tiket masuk puncak Embung Batara Sriten ini hanya sekitar Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Untuk biaya parkir motor cukup dengan Rp 2.000 dan mobil Rp.10.000.

Nah itulah ulasan tentang pesona wisata puncak Batara Sriten yang begitu menakjubkan. Cocok buat jadi referensi buat kamu yang suka berpetualang.