Wisata Jogja Utara Embung Batara Sriten yang Memanjakan Mata

Wisata Jogja Utara Embung Batara Sriten menjadi salah satu spot wisata di daerah Gunungkidul. Selain Embung Batara Sriten, terdapat juga Embung Nglanggeran yang berdekatan dengan air terjun Kedung Kandang yang tidak kalah menarik. Keduanya berada pada alam perbukitan dengan pesona asri dan hijau yang bisa memanjakan mata kamu.

Wisata Jogja Utara
pexels.com

Wisata Jogja Utara Embung Batara Sriten

Daya tarik pada wisata alam Jogja memang tidak mengecewakan. Pantai yang sejuk hingga hutan yang hijau semua ada pada Jogja. Termasuk juga desa wisata yang menyajikan perpaduan antara pesona pegunungan, pedesaan, dan budaya warga setempat menjadi alternatif wisata alam Jogja yang terbaik.

Dengan berbagai fasilitas wisata yang memudahkan wisata kamu, kerja menjadi salah satu daerah yang terkenal dari Indonesia sampai mancanegara. Fasilitas yang tersedia yaitu sewa kendaraan wisata, hotel dan penginapan, paket wisata, serta paket tour.

Pesona Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten terletak pada padukuhan Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul. Tempat ini merupakan waduk atau bendungan yang dimanfaatkan oleh warga sekitar. Daerah kabupaten Gunungkidul memang memiliki kesulitan untuk mendapatkan air bersih karena berada pada dataran yang tinggi. Para warga tidak hanya memanfaatkan air dari Embung Batara Sriten ini, namun, juga dikelola menjadi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri.

Puncak wisata Embung Sriten berada pada daerah Nglipar ini menjadi wisata alam yang menampilkan pemandangan alam luar biasa dan bisa memanjakan mata, menenangkan pikiran, dan menyejukkan jiwa. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas pada kawasan wisata ini. Warga setempat juga bermaksud untuk membangun perkebunan atau pertanian yang bisa menjadi daya tarik wisata itu.

Akan Bibangun Perkebunan

Pada kawasan Embung Batara Sriten ini akan dibangun perkebunan buah-buahan seperti kelengkeng dan manggis. Selain menjadi tempat wisata yang memiliki pesona indah, Embung ini juga merupakan tempat penampungan air yang bisa para masyarakat manfaatkan untuk perkebunan tersebut pada saat musim kemarau tiba.

Kelokan tampak pada Embung ini karena berbentuk elips tidak beraturan. Hal ini pastinya akan memikat para pengunjung. Untuk kamu yang ingin membawa keluarga terutama anak kecil untuk berkunjung ke wisata Jogja Utara ini tidak perlu khawatir karena pengelola telah melengkapi pagar pada sekeliling waduk, pemberitahuan larangan bersandar sekitar pagar, dan jalan khusus untuk pengunjung agar dapat menikmati rasanya jalan-jalan.

Pengunjung yang lebih suka dengan pemandangan alam kawasan Embung ini terdapat pepohonan pada sekitar jalur untuk menuju Puncak Mangir. Pada pohon tersebut kamu dapat menjumpai sebuah bangunan yang terbuat dari semen, bangunan itu berguna sebagai tempat peristirahatan. Puncak Mangir adalah puncak tertinggi pada kawasan Embung Sriten. Kamu dapat melihat pemandangan yang sangat indah seperti Waduk Gajah Mungkur, Gunungkidul, dan Rowo Jombor.

Nah, itu dia ulasan tentang wisata Jogja Utara Embung Batara Sriten yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa mengunjungi tempat ini untuk berlibur pada akhir pekan bersama sahabat, keluarga, atau teman. Namun, pastikan kamu selalu berhati-hati pada saat di tempat ini karena akses jalannya cukup sulit.