Penambahan Fasilitas Akses Sriten, Perbaikan Infrastruktur dan Promosi

Embung Batara Sriten telah menjadi salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Pilangrejo, Nglipar Gunungkidul, Yogyakarta. Pasalnya wisata tersebut telah ramai oleh pengunjung. Walaupun, jumlah pengunjung belum seramai sebelum adaya pandemi. Terkait hal tersebut, pemerintah Gunungkidul tengah mencanangkan penambahan fasilitas akses Sriten ini.

Pada ketinggian 950 meter berada di atas permukaan laut atau mdpl tersebut. Nantinya akan menambah beberapa fasilitas sebagai pendukung guna mengundang banyak pengunjung dari wisatawan.

Penambahan Fasilitas Akses Sriten
tempatwisataseru.com

Penambahan Fasilitas Akses Sriten untuk Para Pengunjung

Batara Sriten merupakan sebuah destinasi wisata yang tidak biasa namun mampu memanjakan pengunjungnya. Hal tersebut dikarenakan guna mencapai tempat wisata, Anda perlu melakukan perjalanan dengan mencapai tanjakan yang cukup curam.

Sehingga untuk bisa mencapai puncak Batara Sriten, Anda memerlukan kendaraan yang prima serta kemampuan dalam berkendara yang mumpuni. Akan tetapi, nantinya lelah serta usaha keras bisa terbayar lunas dengan udara yang terasa sejuk di embung. Bukan hanya itu saja, adanya panorama yang tampak indah saat Anda akan melihat ke sisi utara serta timur wilayah dari Jawa Tengah.

Adapun fasilitas yang akan ditambah salah satunya merealisasikan pembangunan jembatan yang menghubungkan Padukuhan Sriten serta Ngangkruk. Dengan begitu, banyak harapan supaya kunjungan wisata semakin bertambah.

Pernyataan Bupati Gunungkidul

Bupati Gunungkidul Sunaryanta juga memberikan pernyataan bahwa perlunya dukungan melalui perbaikan infrastruktur supaya bisa mendongkrak kehidupan warga setempat, termasuk penambahan fasilitas akses Sriten

Minimal untuk wilayah utara dapat setara dengan wilayah tengah beserta selatan. Bapak Bupati Sunaryanta juga memberikan penilaian perlu adanya sebuah promosi yang lebih intensif lagi supaya wisatawan yang berkunjung lebih banyak. Sehingga hal tersebut bisa memberikan dampak positif pada perekonomian warga setempat.

Mengenai penerangan jalan menuju lokasi wisata Embung Batara Sriten juga perlu penambahan. Akan tetapi, jika akan dilakukan pemasangan, perlu dilakukan survei terlebih dahulu.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Supaya Anda bisa sampai ke lokasi tersebut, dari kota Yogyakarta, Anda bisa jalan menuju ke Jalan Wonosari. Lanjut terus menuju ke Piyungan, Anda bisa meneruskan perjalanan ke Bukit Patuk atau Bukit Bintang. Sampai Anda akan menemukan Pertigaan Sambipitu, pilih ke kiri yang menu arah ke Nglipar.

Sampai sana lanjutkan lagi perjalanan menuju ke Perkebunan Hutan Kayu Putih kemudian Pertigaan sebelum Pasar Nglipar, Anda bisa mengambil bagian kiri.

Anda bisa melanjutkan lagi perjalanan ke Jl Nglipar-Ngawen terus sampai ke Kedungpoh. Nantinya sampai sana terdapat pertigaan Timur Kantor KaDes Pilangrejo. Tepatnya berada di Jalan Nglipar-Ngawen Km. 6,4 ke arah kiri. Terus ikuti jalan aspal serta cor, kemudian lihat petunjuk arah yang berada di sana ke wisata Embung Batara Sriten serta Perbukitan Baturagung ( Puncak Tertinggi di Gunungkidul).

Ketika setelah sampai tujuan, maka sekarang ini Anda tidak akan dikenakan retribusi. Hanya saja Anda perlu membayar parkir yang sudah tersedia untuk menampung puluhan mobil serta ratusan motor. Tarif parkir untuk sepeda motor Rp 2000 rupiah, kemudian untuk tarif Rp 5000 rupiah untuk mobil.

Di wisata lokasi Embung Batara Sriten Anda tidak perlu repot-repot atau merasa khawatir untuk membawa bekal. Anda dapat jalan menuju ke bagian bawah terdapat perumahan warga. Di tempat tersebut telah tersedia warung-warung makanan.

Sehubungan dengan agenda penambahan fasilitas akses Sriten, tidak lain adalah untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan perjalan ke puncak. Hal ini tentunya perlu mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat sekitar dan pihak terkait lainnya.