Asyiknya Olahraga Aerosport di Embung Batara Sriten

Anggapan bahwa Embung Batara Sriten merupakan telaga atas awan yang indah milik Gunungkidul, ternyata bukan hanya isapan jempol belaka. Destinasi wisata eksotis berupa telaga yang berada di puncak tertinggi Gunungkidul ini mampu menghipnotis pengunjungnya. Keelokan lanskap perbukitan serta lembah seluas batas cakrawala mampu memikat hati Anda adalah benar adanya. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas, salah satunya olahraga aerosport di Embung Batara Sriten.

Embung Batara Sriten Asyiknya Berolahraga Aerosport di Telaga Awan Ini
kartanesia.com

Olahraga Aerosport di Embung Batara Sriten

Biasanya, saat mengalami kejenuhan dan memerlukan refresh pikiran, Anda membutuhkan sebuah tempat untuk menenangkan pikiran. Sejak dipublikasikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada September 2014 silam, Batara Sriten telah menjadi destinasi yang dikenal masyarakat luas.

Meskipun ramai pengunjung, Anda masih bisa menikmati suasana Batara Sriten yang sejuk dan alami. Adapun aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini adalah aerosport. Selain menjadi destinasi wisata, Embung Batara Sriten juga mendukung diadakannya aktivitas olahraga aerosport seperti:

Paralayang

Paralayang merupakan salah satu jenis olahraga yang memacu adrenalin. Pengunjung yang ingin menikmati olahraga kompetitif sekaligus rekreasional, maka paralayang di Embung Batara Sriten adalah kegiatan yang tepat. Selain menguji keberanian, olahraga aerosport mempunyai segudang manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dan memiliki wilayah yang cukup luas, Batara Sriten cocok menjadi wahana bermain paralayang. Lokasi Batara Sriten dinilai cukup representatif dan ideal untuk para atlet paralayang. Hingga saat ini, pembangunan pengembangan wahana terbang layang di embung terus dilakukan.

Nah, dari atas awan, Anda bisa menyaksikan suguhan panorama Embung Sriten yang sangat mempesona. Terlebih bila Anda melakukannya di saat musim panas.

Paramotor

Masih mau menikmati keindahan Embung Batara Sriten dari angkasa? Cobalah olahraga kedirgantaraan yang satu ini. Melalui paramotor, Anda bebas melihat keindahan lapisan awan putih tipis yang memayungi embung.

Lain halnya dengan paralayang yang memakai parasut dan mengandalkan tenaga angin, paramotor hanya menggunakan sebuah mesin terbang sederhana dan parasut.

Sensasi ketika naik paramotor lebih seru, karena bisa melihat keindahan alam tanpa terhalang jendela berbeda halnya jika Anda menaiki pesawat terbang. Jangan lupa siapkan kamera ponsel untuk berswafoto ria atau mengambil gambar pesona Embung Batara Sriten dari angkasa.

Gantole

Pecinta olahraga ekstrem pasti tahu olahraga aerosport yang satu ini. Olahraga ini menggunakan pesawat layang ringan tanpa motor.

Olahraga terbang bebas di angkasa ini dipercaya dapat menjadi obat penghilang stress. Menariknya, Anda juga bisa menikmati udara segar yang berhembus serta pemandangan alam Embung Batara Sriten yang mempesona.

Bersepeda

Meski hanya berupa waduk buatan kecil, Batara Sriten memiliki wahana sepeda yang tidak akan mengecewakan pengunjungnya. Bersepeda di Puncak Bukit Mangir yang terletak di belakang embung, juga mengasyikkan.

Anda bisa menyusuri perkebunan buah manggis dan kelengkeng yang berada di sekitar embung. Apalagi jika aktivitas bersepeda dilakukan beramai-ramai dengan teman, pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Batara Sriten bukan hanya wisata yang indah dan mempesona. Lebih daripada itu, embung juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk merawat perkebunan di saat musim kemarau.

Daya tarik embung terletak pada bentuk embung yang elips tidak beraturan. Tidak perlu khawatir jika Anda berkunjung mengajak buah hati karena di sekitaran embung sudah dibangun pagar pengaman disertai pemberitahuan larangan bersandar di sekitar pagar.

Bagaimana, tertarik melakukan olahraga aerosport di Embung Batara Sriten? Simak peta lokasi embung di Google Maps. Telaga ini memiliki air yang tenang, panorama elok, dan udara sejuk sehingga tidak akan membuat kecewa para pengunjungnya.