Fakta Embung Batara Sriten, Menjadi Daya Tarik Tersendiri

Fakta Embung Batara Sriten merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Gunungkidul. Tempat wisata ini bukankah salah satu nama dari sekian banyak dewi dewi dalam kisah pewayangan Jawa. Sebatas telaga buatan manusia saja di puncak tertinggi Gunungkidul yang menawarkan keindahan pemandangan alam nan eksotis dan membuat siapapun terpesona.

Saat berkunjung, Anda akan melihat awan yang sedang berkejaran, senja yang mempesona, serta fajar yang menyita perhatian. Tak hanya itu saja, melainkan juga menyuguhkan keindahan lanskap perbukitan serta lembah yang luas hingga batas cakrawala.

Fakta Embung Batara Sriten
datawisata.

Beberapa Fakta Embung Batara Sriten Gunungkidul

Banyaknya rutinitas hidup terkadang membawa kita ke dalam titik jenuh, capek, dan penat. Rasa itulah yang terkadang mempengaruhi aktivitas kita, membuat kita malas untuk melakukan apapun. Sedangkan salah satu upaya untuk mengatasi kejenuhan dalam hidup adalah dengan cara refreshing ataupun travelling.

Tetapi tidak selamanya seseorang yang sudah sampai di objek wisata dapat merasakan fresh. Hal tersebut terjadi karena destinasi terlalu banyak pengunjung. Lalu apa yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut?

Tentu saja kita harus mengunjungi tempat eksotis yang sudah dipublikasikan namun masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Salah satunya adalah wisata yang ada di Gunungkidul yakni Embung Batara sriten.

Gubernur DIY yakni Sri Sultan Hamengkubuwono ke 10 bulan September tahun 2014 lalu sudah meresmikannya. Lebih tepatnya tempat wisata ini berada di ketinggian 859 mdpl. Merupakan Embung tertinggi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Sunset

Salah satu fakta Embung Batara sriten adalah keindahan matahari tenggelam. Bahkan mampu menghipnotis siapapun yang datang berkunjung. Tambah lagi Angin Sore berhembus cukup kencang.

Apalagi saat kita berjalan menyusuri bibir telaga tersebut, terlihat lapisan geomembran atau lapisan yang menyerupai plastik sebagai wadah untuk menampung air.

Anda bisa menikmati sunset dengan duduk di Gazebo. Sunset adalah suguhan pesona pertama yang akan Anda dapatkan saat berkunjung ke Batara Sriten di waktu sore. Akan lebih baik, jika Anda berkunjung setelah ashar.

Sunrise

Memang harus menyesuaikan dengan cuaca untuk bisa mendapatkan keindahan sunrise di pagi hari. Sebab sedikit mendung saja terkadang menyebabkan matahari yang akan muncul itu terhalang oleh mendung.

Sebelum berkunjung, usahakan untuk benar-benar melihat langit dan cuacanya. Apalagi tempat wisata ini berada di ketinggian, sehingga jalan untuk menuju ke Embung Sriten ini juga berupa tanjakan. Usahakan tidak berkunjung saat sedang hujan.

Sarana Olahraga

Selain menjadi destinasi wisata, fakta Embung Batara Sriten juga menjadi sarana untuk olahraga. Saat berkunjung, wisatawan bisa beruntung karena bisa melihat orang-orang yang sedang melakukan aerosport seperti halnya paralayang, paramotor, atau Gantole.

Anda juga bisa melakukan family camp di Embung Batara Sriten ini. Memang berada di ketinggian, tetapi untuk trekkingnya tidak begitu susah. Di sana beberapa lokasi sudah disiapkan juga untuk mendirikan tenda.

Telaga yang tenang, pemandangan alam yang mengelilingi, udara yang dingin, senja dan sunrise yang mempesona, bergabung menjadi satu kesatuan sehingga membuat camping Anda itu akan lebih ceria dan seru.

Fasilitas dan Lokasi

Untuk fasilitasnya, Batara sriten ini sudah menyediakan beberapa fasilitas yang memadai. Seperti halnya kamar mandi, tempat ibadah ataupun warung makan di sekitar. Sedangkan lokasi lebih tepatnya berada di Perbukitan Batur Agung Utara, Padukuhan Sriten, Desa pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. Bagi Anda yang masih bingung hendak berlibur kemana akhir pekan ini, beberapa fakta Embung Batara sriten menjadi rekomendasi terbaik.