Keindahan Alam Wisata Embung Batara Sriten, Berikut Deskripsinya

Daerah Yogyakarta terdapat salah satu wisata waduk kecil buatan yang berada di atas bukit tertinggi di Gunungkidul. Nama wisata tersebut adalah Wisata Embung Batara Sriten. Keindahan alam wisata Embung Batara Sriten ini sangat tidak biasa, karena Anda bisa melihat luasnya Gunungkidul dari atas bukit.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana sejuk pada saat berkunjung ke wisata tersebut. Tak hanya itu saja, wisata ini juga memiliki daya tarik tersendiri seperti, spot foto yang instagramable, pemandangan sunrise cerah, pemandangan sunset indah, dan masih banyak lagi.

Sehingga akan memberikan kenyamanan pada saat berkunjung ke wisata ini. Bagi Anda yang ingin tahu selengkapnya tentang Wisata Embung Sriten, simak artikel ini sampai selesai.

Keindahan Alam Wisata Embung Batara Sriten, Simak Ulasan Berikut
outingjogja.com

Berikut Keindahan Alam Wisata Embung Batara Sriten yang Dapat Anda Nikmati

Embung Sriten merupakan sebuah waduk buatan yang terletak di puncak tertinggi Gunungkidul. Wisata ini masih tergolong sebagai wisata yang baru berkembang. Untuk menuju ke wisata ini, Anda akan melewati adrenalin yang cukup lumayan menegangkan.

Disarankan untuk membawa kendaraan yang manual. Karena jika menggunakan kendaraan yang matic bisa saja tidak kuat. Sebab tanjakannya cukup tinggi. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena jalanya sudah bagus dan bisa diakses oleh mobil.

Namun dibalik perjalanan yang menegangkan ada kepuasan tersendiri ketika sampai di puncak. Sebab Anda akan langsung disuguhkan panorama alam serta pemandangan yang luar biasa.

Selain itu, bukit ini juga merupakan satu-satunya bukit tertinggi di Gunungkidul. Jadi bagi Anda yang ingin menikmati suasana Gunungkidul dari ketinggian, Anda bisa mengunjungi wisata ini. Lalu keindahan serta hal apa saja yang bisa Anda dapatkan di Wisata Embung Sriten?

Keindahan alam wisata embung batara sriten yang dapat Anda nikmati antara lain yaitu:

Pemandangan Sunrise dan Sunset

Salah satu momen yang pas untuk berkunjung ke wisata ini adalah di saat pagi atau sore hari. Karena Anda akan melihat keindahan matahari terbit saat menjelang pagi dan keindahan matahari tenggelam di sore hari.

Mungkin Anda bisa saja menikmati suasana ini di wisata lain. Namun rasanya akan berbeda ketika menikmati suasananya di atas puncak tertinggi Gunungkidul. Karena Anda dapat melihatnya dengan jelas tanpa terhalang suatu apapun.

Selain itu, hembusan angin yang sumilir juga menambah suasana menjadi lebih rileks. Sehingga Anda dapat melepas penat dan juga masalah apapun yang menumpuk di otak.

Menikmati Pemandangan Luasnya Gunungkidul

Keindahan alam Wisata Embung Batara Sriten ini terletak di Puncak Baturagung dengan ketinggian kurang lebih sekitar 860 Mdpl. Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan luasnya daerah Gunungkidul.

Selain itu, karena posisinya berada di puncak, Anda juga bisa melihat wisata Rawa Jombor yang terletak di daerah Klaten dan Waduk Gajah Mungkur yang terletak di daerah Wonogiri saat menaiki Puncak Mangir. Tentunya hal ini akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Wisata Embung Sriten.

Selain itu, hal yang seringkali menarik perhatian para pengunjung wisata adalah adanya makam di sekitar wisata. Makam tersebut merupakan makam Syeh Wali Jati dan hanya satu-satunya makam yang ada di puncak bukit.

Keindahan alam Wisata Embung Batara Sriten ini sudah tidak diragukan lagi. Selain suguhan pemandangan yang indah, fasilitas di wisata tersebut juga sudah mumpuni. Sehingga Anda tidak perlu bingung-bingung untuk melakukan apapun. Selain itu jika Anda penasaran dengan sejarahnya, Anda bisa sharing dengan pemandu wisata di sana.