Simak Tips Berkunjung ke Embung Batara Sriten Gunungkidul

Embung Batara Sriten merupakan waduk kecil yang terletak di puncak Gunungkidul. Sebagai tempat wisata yang baru saja populer, embung ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Hal ini dikarenakan lokasinya menyuguhkan pesona keindahan dari atas gunung. Namun ada sejumlah tips berkunjung ke Embung batara sriten. Simak tips berikut untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengunjungi.

Simak Tips Berkunjung Embung Batara Sriten Gunungkidul
pinterest.con

Tips Berkunjung ke Embung Batara Sriten Gunungkidul

Embung Batara sudah diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur DIY pada September 2014. Di dalamnya, Embung Sriten menawarkan pesona keindahan yang bisa menghilangkan kebosanan dan rasa lelah. Telaga buatan ini merupakan telaga tertinggi di Yogyakarta dengan ketinggian 859 mdpl.

Hampir seperti Embung Nglanggeran yang awalnya bertujuan untuk sarana penampungan air, lalu dijadikan sebagai destinasi wisata. Saat berkunjung di sore hari Anda akan merasakan hembusan angin yang cukup kencang seperti di puncak gunung.

Saat berjalan menyusuri bibir telaga terlihat lapisan geomembran atau lapisan seperti plastik dari bahan HDPE bertujuan untuk penampungan air. Untuk bisa mencapai di bibir telaga tersebut, Anda perlu melewati akses yang lumayan melelahkan.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk keselamatan dan kenyaman selama perjalanan. Berikut ini tips berkunjung ke Embung Batara Sriten:

  • Sebelum berangkat sebaiknya memeriksa kondisi kendaraan. Karena jalan menuju lokasi sangat terjal, jadi kendaraan harus dalam kondisi prima.
  • Jika hujan turun jangan memaksakan perjalanan hingga puncak. Karena lumpur pekat akan menutupi jalan dan kemungkinan terpeleset sangat besar
  • Waktu terbaik untuk berkunjung saat pagi hari atau sore hari.
  • Tidak disarankan untuk menggunakan motor matic.
  • Disarankan untuk yang datang sendiri untuk meninggalkan lokasi embung sebelum matahari terbenam mengingat akses dan jalanan sangat sepi.
  • Kendaraan terbaik untuk berkunjung adalah mobil off-road atau motor trail.
  • Datang bersama sahabat atau keluarga akan liburan semakin menyenangkan.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen.

Kebun Buah yang Terhampar

Selain menyajikan wisata telaga di sini banyak kebun buah sirsak, kelengkeng, durian, dan manggis. Nantinya tempat ini akan dibangun sebuah landasan paralayang berskala internasional.

Saat ini jalan menuju embung sudah lumayan baik karena sudah dialokasikan anggaran hingga miliaran rupiah untuk memperbaiki akses jalan oleh Pemkab Gunungkidul. Walaupun demikian Anda harus berhati-hati karena jalan yang menanjak dan tikungan tajam.

Embung tersebut menjadi destinasi wisata pada kawasan utara Kota Jogja. Hal ini dibuktikan banyak pengunjung yang mengunjungi tempat tersebut setiap bulannya. Di Embung Batara Sriten para pengunjung bisa menikmati matahari terbit dan terbenam.

Jadi tidak hanya menawarkan keindahan alam saja. Selain itu para pengunjung bisa menyaksikan betapa indahnya hamparan kebun buah yang sudah dirintis oleh masyarakat sekitar embung.

Untuk Anda yang ingin berkunjung embung pastikan sudah memenuhi tips berkunjung ke Embung Batara Sriten. Karena berkunjung ke Embung Batara akan semakin menyenangkan jika mengikuti tips apalagi jika Anda datang di saat sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam.