Embung Batara Sriten Jadi Telaga Buatan Tertinggi, Simak Selengkapnya

Embung Batara Sriten yang merupakan salah satu destinasi terkenal yang berlokasi di Gunungkidul, Yogyakarta. Telaga buatan ini memiliki lokasi tertinggi dengan panorama yang sangat asri.

Jika Anda ingin berkunjung ke salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta ini jangan sampai melewatkannya. Pasalnya landscape yang mereka tawarkan sangat menarik dan tidak akan Anda temui di tempat lain.

Embung Batara Sriten
@adam.septiansyah

Embung Batara Sriten Jadi Telaga Buatan Tertinggi

Karena memiliki lokasi yang berada di ketinggian mencapai 800 Mdpl. Maka membuatnya menjadi salah satu telaga tertinggi untuk daerah Yogyakarta. Kami akan membahas destinasi terkenal yang satu ini lebih jauh, jadi simak langsung saja berikut ini.

Daya Tarik Embung Batara Sriten

Jika Anda berkunjung kesini maka akan langsung terpukau dengan pemandangan alamnya. Pasalnya telaga buatan ini berada tepat berdampingan dengan penggunaan kars yang asri.

Sekelilingnya terdapat pepohonan hijau yang membuat angin terasa sejuk sekali. Lokasi ini tidak hanya cocok untuk berwisata, namun beberapa kebutuhan untuk pertunjukan seni bahkan take video sering mereka gunakan.

Spot Foto

Nah, jika Anda menyukai berfoto-foto ria maka akan lebih baik berkunjung ketika pagi hari atau bahkan sunset. Pasalnya lokas ini cocok untuk mendapatkan momen tersebut.

Spot fotonya sangat beragam, dari mulai balai-balai atau gazebo, atau ke telaga, bisa juga ke tempat biasanya untuk pertunjukan. Semua memberikan tempat yang bisa jadi menarik untuk Anda tangkap langsung saja.

Aktivitas Seru di Embung Batara Sriten

Selanjutnya kami akan merekomendasikan destinasi ini untuk Anda yang suka tracking. Karena lokasinya parkir dengan puncaknya cukup jauh maka Anda bisa tracking dengan seru.

Kanan kiri jalurnya memiliki pemandangan yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Sehingga sambil berolahraga kita bisa cuci mata dan dapatkan udara segar.

Camping juga bisa kita lakukan di lokasi ini bersama teman atau keluarga. Namun ingat selalu mengurus perizinannya pada petugas yang ada.

Fasilitas dan Akomodasi

Petugasnya menyediakan beberapa fasilitas nya lengkap untuk para pengunjungnya. Mulai dari tempat parkir, mushola, kamar mandi, gazebo, warung makan, pendopo dan berbagai spot foto menarik lainnya.

Penginapan di Embung Batara Sriten

Jika Anda merupakan penjunjung jauh maka bisa memilih untuk beberapa penginapan terdekat dari lokasi tersebut. Mulai dari Villa Lavender Gunung Purba, OYO 2393 Omahe Nawung, Kopilimo, Dea Lokha, dan masih banyak lagi. Anda bisa mencari dengan fitur Maps dengan lokasi terdekatnya.

Wisata Sekitar

Apabila sudah berkunjung ke tempat ini jangan langsung pulang. Karena Anda bisa mampir ke beberapa lokasi destinasi yang juga menarik namun dekat dengan embung ini.

Misalnya seperti Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Goa Pindul, dan beberapa pantai yang ada di Gunungkidul. Kabupaten yang menjadi salah satu terluas di Yogyakarta ini memiliki keindahan wisata alam yang sudah sampai ke manca negara, jadi jangan sampai melewatkannya.

Alamat

Berlokasi di Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (5582). Anda bisa mencari lokasi tersebut langsung di Maps secara mudah, jadi tidak perlu khawatir akan tersesat.

Rute Menuju Embung Batara Sriten

Sebelum memutuskan berkunjung coba simak rute berikut ini, karena medannya cukup curam. Jika Anda memulai perjalanan dari titik 0 Yogyakarta mala ikut jalan lurus sampai ke jalan Panembahan Senopati ke timur, lalu lurus sampai perempatan ke selatan lalu Jalan Gedong Kuning baru ikuti arah Sambipitu.

Jika mengikuti rute ini Anda tidak akan tersesat pasalnya jalannya tidak terlalu banyak belokan. Kita akan temukan plang yang menjadi penanda jalan tersebut jadi tidak perlu ragu dan khawatir lagi.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk kedalam kita persatu orang wajib membayar uang retribusi sebesar Rp. 4000. Lalu tambahan untuk parkirnya satu motor Rp. 2000 sedangkan untuk mobil Rp. 10. 000 saja.

Jam Operasional

Pemberlakukan jam operasionalnya berkisar pukul lima pagi sampai enam sore saja. Namun apabila ingin melakukan camping Anda bisa mengurus perijinan dahulu. Mereka akan memberikan akses 24 jam untuk para penggiat alam tersebut.

Embung Batara Sriten menjadi rekomendasiĀ  terbaik jika berkunjung ke Gunungkidul. Tidak hanya berwisata saja namun kita juga dapatkan perasaan puas dari mencari ketenangan dan kesejukan, dengan oleh-oleh foto menarik.