Ketahui Jam Operasional Embung Batara Sriten Sebelum Berkunjung

Jam operasional Embung Batara Sriten perlu untuk kamu ketahui sebelum berkunjung. Hal ini bertujuan agar nantinya kamu tidak kecewa saat tiba di lokasi wisata.

Ketahui Jam Operasional Embung Batara Sriten Sebelum Berkunjung
pixabay.com

Perlunya Mengetahui Jam Operasional Embung Batara Sriten di Gunungkidul

Sebelum mengetahui Jam operasional, perlunya bagi kamu mengenal tempat wisata ini.

Embung Batara Sriten Cukup terkenal di Gunungkidul, Yogyakarta. Wisata yang berupa sebuah waduk kecil ini berada di puncak Gunungkidul. Embung Batara Sriten merupakan tempat wisata yang baru di Yogyakarta. Bagi kamu wisatawan yang suka mengeksplor tempat wisata baru, kamu perlu untuk datang kesini.

Embung Batara Sriten menyuguhkan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Selain itu di kawasan sekitar embung terdapat perkebunan buah, seperti buah manggis dan kelengkeng. Oleh karena itu, tempat wisata ini perlu menjadi tujuan kamu berwisata.

Sejarah Embung Batara

Perlu kamu di ketahui bahwa tempat wisata ini merupakan embung buatan yang diresmikan Maret 2014 oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Terdapat rencana untuk pembangunan embung sebagai tempat wisata perkebunan buah. Dengan demikian, akan menjadi destinasi wisata yang cukup menarik. Sementara penampungan airnya digunakan untuk perkebunan ketika memasuki musim kemarau.

Jika melihat dari namanya, yakni Batara Sriten, kemungkinan Anda akan mengaitkan dengan pewayangan. Namun hal itu tidak benar. Sebab penamaan nama embung ini dari nama pegunungan Baturagung Utara yang kemudian disingkat menjadi Batara.

Fungsi lain dari embung ini sendiri selain untuk wisata embung juga digunakan masyarakat sebagai penampungan air dimusim kemarau. Penampungan air digunakan masyarakat sekitar untuk merawat perkebunan di sekitarnya.

Jam Operasional di Embung Batara Sriten

Destinasi wisata embung ini buka setiap hari. Jam operasional embung Batara Sriten sendiri dimulai pukul 07.00-18.00 WIB. Wisata yang buka sampai sore ini membuat kamu bisa menikmati sunset yang mempesona. Dikarenakan Pengelola tempat wisata masih membuka sampai matahari terbenam. Banyak dari masyarakat sekitar maupun wisatawan datang di sore hari untuk menikmati sunset di embung Batara Sriten ini. Setelah kamu mengetahui jam operasional embung ini kamu sudah mengetahui rencana akan berkunjung bukan.

Alamat dan Rute Lokasi Embung Batara Sriten

Jika berencana mengunjungi embung Batara Sriten kamu tidak perlu merasa kesulitan. Dikarenakan lokasinya yang mudah  untuk dijangkau. Beralamat di Sriten, Desa Pilangrejo, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Jarak yang harus kamu tempuh dari pusat kota Jogja yaitu 55 km. Kamu dapat mengunjungi obyek wisata ini menggunakan bermotor dengan waktu tempuh sekitar 90 menit.

Harga Tiket Embung Batara Sriten

Untuk dapat menikmati embung dan sekitarnya,kamu cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 3000/orang. Cukup terjangkau bukan?

Selain uang masuk biaya tambahan yang harus kamu bayar. Uang tersebut sebesar Rp 2000 untuk retribusi parkir motor. Selain itu, untuk retribusi parkir mobil sebesar Rp 10.000.

Fasilitas Embung Batara Sriten

Menjadi wisata baru di Gunungkidul tidak membuat embung Batara Sriten minim akan fasilitas pendukung. Berikut beberapa fasilitas yang kamu jumpai di sana.

  1. Area parkir wisata yang luas
  2. Toilet dan kamar mandi
  3. Warung-warung wisata
  4. Puncak Mangir
  5. Gazebo
  6. Perkebunan buah manggis,kelengkeng,durian, dan sirsak
  7. Petilasan Syeh Wali Jati
  8. Spot foto instagramable.

Jam operasional Embung Batara Sriten tersebut tampaknya wajib Anda dan pengunjung lainnya perhatikan.Tidak disarankan untuk berkunjung sebelum dan sesudah jam operasional tersebut, karena jauhnya dari pemukiman penduduk.