Daya Tarik Embung Batara Sriten, Waduk Buatan dengan Spot Alam

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang menawarkan destinasi wisata terbaiknya. Beberapa destinasi wisata yang dihadirkan mempunyai tempat tersendiri di hati para pengunjung. Daya tarik embung Batara Sriten adalah salah satu wisata alam andalannya.

Daerah penghasil gaplek ini dulunya dikenal sebagai kawasan rawan kekeringan, tandus, dan gersang. Kini Gunungkidul terkenal sebagai daerah seribu wisata. Mulai dari wisata alam,sejarah, dan budaya.

Daya Tarik Embung Batara Sriten
wisatapositive.com

Menguak Daya Tarik dan Pesona Embung Batara Sriten

Dahulu masyarakat setempat menggunakan waduk ini sebagai sarana pemenuhan air bersih. Berada di kawasan daerah dataran tinggi, menjadikan  Batara Sriten memiliki 2 fungsi. Yaitu sebagai penampungan air bersih sekaligus tempat wisata.

Pemerintah daerah setempat dan penduduk sekitar juga berniat akan menjadikan Embung Sriten sebagai  daerah agrowisata. Dengan pembangunan kawasan pertanian dan perkebunan tersebut diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata alam Sriten.

Letak dan Akses Jalan

Embung nan elok ini terletak di Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar Gunungkidul. Tepatnya di Bukit Sumilir. Akses jalannya juga sudah terbilang baik dan memadai. Namun perlu ekstra hati-hati dan waspada mengingat embung terletak pada area terjal.

Spot Keindahan Alam Menjadi Daya Tarik Embung Batara Sriten 

Anda dapat memilih cara tersendiri dalam menikmati pesona wisata yang dimiliki Batara Sriten. Nama batara yang menyertai nama embung, sebenarnya berasal dari kata Batur Agung Utara.

Menikmati pesona Sriten dengan duduk-duduk di gazebo atau pendopo yang sudah tersedia di sekitarnya sembari merasakan sejuknya udara dingin. Ditemani dengan segelas teh dan kopi panas yang bisa anda dapatkan di warung-warung tak jauh dari sana. Cukuplah untuk sekedar menghangatkan badan.

Penasaran dengan puncak tertinggi embung? Mulailah dengan menyusuri dataran yang lebih terjal di sisi timur maka Anda akan sampai di Puncak Tugu Magir, sebutan puncak tertinggi pegunungan Baturagung sebelah Utara Magir merupakan puncak tertinggi Kabupaten Gunungkidul.

Di puncak inilah indra penglihatan Anda akan melihat suatu pemandangan yang pastinya akan mengajak refresh hati dan pikiran. Pemandangan sepanjang  Rawa Jombor hingga Waduk Gajah Mungkur dapat Anda saksikan dari puncak Magir ini.

Indahnya Sunset di Puncak Batara Sriten

Menikmati indahnya sunset juga menjadi daya tarik tersendiri saat mengunjungi embung. Batara Sriten juga digunakan sebagai sarana olahraga sambil menanti keindahan sunset. Olahraga yang sering dilakukan antara lain paramotor, paralayang dan gantole.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment dengan mengambil foto berlatar spot terbaik dari embung. Cocok juga digunakan sebagai tujuan camping.

Fasilitas Embung Sriten

Embung ini diresmikan oleh Sri SUltan Hamengkubuwono X pada September 2014. Sejak saat itulah embung ini dilengkapi dengan fasilitas seperti spot foto, gazebo, cafetaria, toilet, dan tempat parkir.

Banyak wisatawan yang ingin menikmati daya tarik embung Batara Sriten. Mulai dari sunrise di pagi hari hingga pesona sunset sore harinya. Mulailah menjadikan Embung Sriten sebagai destinasi wisata keluarga Anda selanjutnya. Dapatkan kesan berbeda saat mengunjungi embung di puncak tertinggi Kabupaten Gunungkidul ini.